Artis Augie Fantinus ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Kasus ini bermula saat Augie mengunggah video yang berisi seorang polisi yang menurut Audie menjadi calo tiket pertandingan basket di gelaran Asian Para Games 2018.

Video yang diunggahnya menjadi viral dan ramai diperbincangkan di dunia maya. Namun setelah kejadian tersebut, pihak kepolisian membantah tudingan yang ada di video tersebut. Pihak kepolisian menganggap apa yang diunggah Augie tidak benar. Untuk itu, kepolisian segera Augie Fantinus di Polda Metro Jaya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Augie Fantinus belum memberikan komentar apapun ke media, begitu juga dengan sang istri, Adriana Bustami. Ketika di hubungi wartaman, Adriana tidak memberikan komentar apapun.

“Saya belum dapat berkomentar. Saya tidak dapat bicara apa-apa dulu,” ungkap Adriana Bustami saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat.

Atas kasus yang menimpanya, Augie Fantinus dikenakan Pasal 25A Ayat (2) juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan hukuman maksimal 6 tahun penjara. Ancaman hukuman tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono.

Barang bukti yang telah disita oleh pihak kepolisian adalah handphone dan akun instagram yang digunakan Augie untuk memposting video viral tersebut.

Kasus yang menjerat Augie Fantinus membuat rekannya di dunia hiburan merasa sedih. Salah satunya adalah artis film Surya Saputra. Surya berencana menjengku Augie yang saat ini ditahan di Polda Metro Jaya untuk memberik dukungan. Menurut Surya, Augie merupakan korban kesalahpahaman.

Sumai Cynthia Lamusu menceritakan kejadian yang dialami Augie. Saat itu Augie berencana menonton pertandingan basket Asian Paara Games. Kemudian Augie melihat seorang polisi yang seakan-akan menjual tiket. Menurut Augie pemandangan tersebut terlihat ganji sehingga Augie membuat video.

Menurut Surya keputusan Augie untuk membuat video bertujuan baik, namun malah jadi bumerang. Setelah mendengar Augie Fantinus ditetapkan sebagai tersangka, Surya merasa kaget. Meski demikian, kasus ini tidak memberikan kesan buruk terhadap Augie. Hal ini dapat menjadi pelajaran bersama bagi semua orang untuk lebih bijak dalam melihat sesuatu yang ganjil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *